BH: Kita Menulis Maka Kita Ada

28 Aug 2009

Jangan pernah berhenti melambungkan impian mu

Ya kesan itu selalu tertangkap jika saya berdialog lewat media apapun dengan beliau. Mungkin sebagian blogger sudah tahu atau bahkan lebih mengenal nya di bandingkan saya. Akan tetapi ijinkan saya untuk menuliskan sedikit yang saya ketahui tentang beliau.

Keinginan Untuk Memindahkan Himalaya lewat surat pembaca

Bambang Haryanto atau lebih mempopulerkan namanya sendiri dengan akronim BH ataupun BeHa. 24 Agustus 1953 disalah satu rumah sakit swasta di solo dilahirkan. Akan tetapi BH(demikian saya menyebutnya) lebih bangga kalau di sebut WNA (Wonogiri Asli) dari pada menyebutnya wong solo. Ya di sebuah pelosok kota kecil yang terkenal dengan waduk Gajah Mungkurnya itu sosok itu terus berkreasi menuai prestasi, tercatat berbagai macam prestasi berhasil beliau raih, antara lain memenangkan kontes The Power of Dreams Contest 2002 yang diadakan Honda. Beliau menulis esai berjudul, The Power Of Dreams : Revolusi Mengubah Budaya Suporter Sepakbola Yang Destruktif Menjadi Penghibur Kolosal Yang Atraktif. Dalam kontes mengenai kedigdayaan impian itu BH menjual impian merevolusi perilaku suporter sepakbola kita yang destruktif dengan mengubahnya menjadi konser suporter yang menyajikan koor dan koreografi, sehingga menjadi atraksi menarik tersendiri dari totalitas pemanggungan teater sepakbola.

Dan dari kemenangan itu di buatkan sebuah film dokurama yang ditayangkan di TransTV, 29 Juli 2002. Selain itu, BH juga memenangkan Juara Harapan I Kategori Kelompok Umum dalam lomba karya tulis Teknologi Telekomunikasi dan Informasi (LKT3I) III/1999 yang juga didukung oleh Harian Kompas, Republika, Gatra dan LIPI. Dan Pemenang Mandom Resolution Award 2004. Mandom Resolution Award (MRA) merupakan bentuk corporate social responsibility dari PT Mandom Indonesia Tbk dalam menunjukkan kepeduliannya terhadap perkembangan dan kemajuan masyarakat

Kampanye Menulis Lewat Blog

Epito Ergo sum (kami menulis surat pembaca maka kami ada) sebuah plesetan dari cogito ergo sum, saya berpikir karena saya ada, dari filsuf dan matematikawan Perancis, Rene Descartes, 15961650 selalu di jadikan motto beliau. Dan media blog menurut beliau adalah media yang sangat mumpuni untuk menciptakan dan menuang kan gagasan kita. Maka wajar bila BH memiliki belasan blog dengan topik yang berbeda disetiap blognya.

Bagi pemegang 2 rekor MURI ini (pencetus ephistolik indonesia komunitas jaringan para penulis surat pembaca, dan pencetus hari suporter 12 juli) media internet adalah media yang memungkinkan bertemunya seseorang dari belahan dunia manapun dengan kita. BH sudah memulia ritus nge blog nya selain ritus jalan kaki nya sejak 22 Juli 2003 untuk ngeblog dan 1989 untuk jalan kaki. Jauh sebelum kita berpikir bahwa blog adalah media komunikasi yang mumpuni. Berbagai macam blog beliau sangat bisa menjadi rujukan untuk kita yang hobi menulis. Dalam setiap email beliaupun selalu memberi pesan agar tidak pernah berhenti menulis. Dimanapun dan kapan pun. Dan hal itu yang mendorong saya untuk sedikit berbagi dengan rekan rekan Ayo ngeBlog!.

Terlahir Untuk Sukses

Bersama sang adik yang juga bukan orang sembarangan BH selalu punya ide menarik untuk mempromosikan karya karya nya. Mayor Haristanto (http://entah1982.blogspot.com/2008/03/profil-minggu-ini-mayor-haristanto.html) demikian nama adik beliau. Dan sering kami sebut dengan panggilan Mayor.

Nama mayor sudah bukan nama asing lagi bagi publik solo dan sekitar nya. (lagilagi) Pemegang 4 Rekor MURI ini (Memrakarsai kelahiran komunitas-komunitas suporter, penghargaan itu diperolehnya karena menggagas karangan bunga terbanyak pengucapnya, tim kampanye artis yang dipilih lewat SMS terbanyak, dan menumbangkan rekor karangan bunga terbanyak pengucap sebelumnya). juga mempunyai banyak karya yang ditujukan untuk kembali meretas indahnya sebuah kerukunan di bawah bendera republik aeng aeng nya (http://aengaeng1.blogspot.com/) Lewat wadah yang didirikannya itu dia terus berkreasi, mewujudkan hal-hal yang mungkin terdengar mustahil. Stadion, lapangan, sawah, jalan, bahkan pasar menjadi tempatnya berkarya.

Aeng Aeng sendiri bermakna nganeh-nganehi, unik yang positif. dengan sinikal Mayor menyebutnya OTB, organisasi tanpa bentuk. Republik Aeng Aeng memang tak memiliki struktur dan tak punya anggaran dasar. Bukan yayasan atau pun paguyuban. Selain mayor BH juga beradikkan Broto Happy salah satu wartawan senior di tabliod olah raga BOLA. Akan tetapi itu semua tidak membuat BH besar kepala dan memanfaatkan untuk menjadi Orang Besar alumni UI Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra ini tetap memilih kota kecil di Jawa Tengah ini untuk terus berkarya lewat tulisan. Dan terus melucu ( karena BH sempat tercatat sebagai orang yang sangat aktif menulis tentang dunia perkomedian indonesia, beliau juga sempat mencicipi Audisi Pelawak yang dilakukan salah satu televisi swasta)

Ketika Karya Besar Itu Muncul Dari Kota Kecil.

Anda ingat kalau Borobudur tidak masuk dalam 7 keajaiban dunia yang baru, yang diumumkan pada 07-07-07 tahun lalu. Apakah anda juga tahu kalau The New7Wonders Foundation (http://www.natural7wonders.com./) lembaga yang mengadakan jajak pendapat tahun kemarin kembali mengadakan jajak pendapat tentang Tujuh Keajaiban Alam Baru Dunia dan sepertinya pemerinah kita tidak pernah peduli dengan hal ini. Deadline penutupan polling itu tinggal sebentar 08-08-08. Sudah kah anda ikut menominasikan nya? Kedua Manusia Aneh tadi membuat kan sebuah situs sebagai teriakan mereka diantara gemuruh modernitas yang terus menggerus peradaban bangsa ini. Teriakan dalam sepi yang coba saya sebarkan sedikit yang saya tahu ini kepada rekan rekan ayo ngeblog. Buat rekan yang masih peduli dengan polling tadi bisa di kunjungi situs ini http://7indonesia.blogspot.com/.

Sebuah info yang baru saya dapatkan tadi siang. Sebuah pesta akbar Solo Cyberholic Day ! http://solocybercity.blogspot.com/ Pesta kaum netter Solo untuk memulai revolusi dunia maya, menjadikan Solo sebagai Cyber City, akan berlangsung tanggal 30 Juli 2008. Bertempat di Cyty Walk, mulai jam 15.00. Bekerjasama antara Pemkot Solo, Apkomindo, Speedy dan Republik Aeng Aeng, di arena tersebut disediakan sarana hotspot untuk akses Internet secara gratis. Bahkan berhadiah 2 laptop. Pada momen tersebut akan dicanangkan 30 Juli sebagai Solo Cyberholic Day. Inilah awal revolusi baru di Solo. Sebuah ide yang bukan hanya gila tapi juga cerdas. Dan kemungkinan ini akan menambah pundi pundi rekor MURI nya Mayor.

Menikmati karya beliau membuat kita semakin semangat dan akan memakan waktu yang lama untuk membacanya dengan tuntas (tapi tidak akan bosan) di jamin.

Dan berikut adalah kumpulan blog beliau

  1. Blog Direktori beliau (http://bukabeha.blogspot.com/)
  2. Blog tentang kumpulan surat membaca BH (http://beha.blogspot.com/)
  3. Blognya tentang kampanye anti rokok (http://bubar.blogspot.com/)
  4. Blog tentang Epistoholik (surat pembaca) (http://episto.blogspot.com/)
  5. Blog tentang warga epistoholik Indonesia (http://warei.blogspot.com/)
  6. Lagi lagi blog tentang tulisan epistoholik (http://esaiei.blogspot.com/)
  7. Blog tentang dunia komedi(http://komedian.blogspot.com/)
  8. Perpustakaan mini BH (http://kutubukuku.blogspot.com/)
  9. Kamus istilah dalam epistoholik (http://lingepi.blogspot.com/)
  10. Serba serbi surat pembaca (http://serbaserbi.blogspot.com/)
  11. Wanita terindah BH (http://song4anez.blogspot.com/)
  12. Suporter Indonesia (http://suporter.blogspot.com/)
  13. Tentang seluk beluk pencari kerja (http://aanp.blogspot.com/)
  14. Trak keluarga martowiono (http://trah.blogspot.com/)
  15. Lagu lagu carpenter dalam hidup BH (http://undagi.blogspot.com/)
  16. Ritus jalan pagi BH (http://wonogirinews24.blogspot.com/)

BLOG yang sudah tidak aktif
17.Kampanye amien Rais (http://amienrais.blogspot.com/)
18.Dedikasi untuk korban bencana (http://empati.blogspot.com/)
19.Kumpulan puisi anak-anak solo di media lokal (http://poetrysolo.blogspot.com/)

Selain 19 blog diatas BH juga masih punya blog yang lain yang mungkin saya lupa menyebutnya, atau memang tidak tahu kalau blog itu karya BH karena baru saja saya menemukan sebuah profil blogger (http://www.blogger.com/profile/03226412105125523563) yang isinya ada berbagai macam blog dan saya yakin itu adalah buah tangan BH.

Demikian sekelumit tentang sosok BH, pasti banyak kekurangan dari tulisan ini tentang BH tapi setidaknya ini adalah kunci untuk masuk mengenal BH lewat karya karya nya. Dan semoga bisa mengispirasi untuk kita untuk tetap terus menulis dan berarya terutama untuk ngeblog.

Salam,
Arista Budiyono
Pengelola www.suporter.info


tulisan ini di buat ketika “menjerumuskan” pak bambang haryanto kedalam komunitas ayo ngeblog , teman sekaligus guru saya, yang memang telah mengajarkan banyak banget tentang dunia blog dan penulisan. Ini mungkin bentuk apresasi buat beliau, karena selama ini Negara kita tidak bisa menemukan mutiara seperti beliau



TAGS bambang haryanto blown blogger wonogiri


-

Author

Follow Me